Materi Protista

PROTISTA
Standar Kompetensi : Memahammi prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
Kompetensi Dasar : Menyajikan ciri-ciri umum filumdalam kingdom Protista dan peranannya dalam kehidupan.
Indikator :
~Mengidentifikasi ciri-ciri Protista
~ Membandingkan Protista dengan makhlukhidup lainnya
~Mengidentifikasi klasifikasi Protista
~Menjelaskan cara reproduksi Protista , cara reproduksi Protista
~Menjelaskan peranan Protista bagi kehidupan manusia.

URAIAN MATERI
A. Ciri-ciri Protista :
~Termasuk organisme eukariotik, yaitu didalam tubuhnya mempunyai inti sesungguhnya dan dilindungi oleh membran inti
~Memiliki organel sel ( mitokondria, kloroplas, retikulum endoplasma, kompleks golgi), flagel dan silia.
~Ada yang uniseluler dan multiseluler
~Bersifat autotrof, heterotrof, dapat hidup bebas atau dalam bentuk simbion.
~Ditemukan di perairan, tanah lembab, sampah dan habitat darat lainnya.
~Reproduksi secara seksual dan aseksual.

B. Klasifikasi Protista :
Protista dibedakan menjadi protista mirip hewan ( Protozoa), mirip Tumbuhan (Alga) , dan mirip jamur.
1. Protista mirip jamur :
a. Myxomycota.
Ciri-cirinya : adalah :
1.Tidak memiliki kloroplas
2.Pada fase vegetatif tubuh berbentuk seperti lendir ( masa protoplasma) dapat bergerak, sedang fase generatifnya seperti amoeba.
3.Tempat hidup pada batang kayu yang membusuk, tanah lembab, sanpah basah, dan kayu lapuk

Jamur lendir terbagi dua yaitu : Jamur lendir bersekat ( Myxomycota), Jamur lendir tak bersekat ( Acrasiomycota), Siklus hidup meliputi Masa lendir yang dapat bergerak, Membentuk badan buah /sporangium yang memiliki spora, Pertumbuhan spora menghasilkan spora kembar.

b. Oomycotina (jamur air )
Ciri-cirinya adalah :
1.Berbentuk benang/hifa tak bersekat, bercabang, dan berinti banyak.
2.Dinding sel dari selulosa
3.Hidup saprofit dan parasit.
4.Tempat hidup pada tempat-tempat basah, banyak bahan organik, dan tidak terkena cahaya matahari langsung

Reproduksi
a. Vegetatif dengsn membentuk zoospora berflagel dua, sporangium, dan konidium.
b. Generatif terjadi melalui oogami, dimana inti anteridium membuahi sel telur membentuk zigot berdinding tebal yang disebut zoospora
Contoh : Phytophtora sp. Parasit pada tanaman budidaya; Phytoptora infestans menyababkan penyakit busuk daun kentang; P.nicotianae menyebabkan busuk daun tembakau; P. faberi menyebabkan kanker pada tanaman karet; Phytium debaryanum, parasit pada tumbuhan muda/bibit tembakau, kina dan bayam ,dan menyebabkan penyakit busuk pada kemiri, tembakau , jahe, dan nanas; Saprolegnia sp. Saprofit pada bangkai ikan dan serangga; Plamora viticola parasit pada anggur.

2. Protista mirip tumbuhan ( Alga / ganggang ).
Ciri dan sifat
1.Organisme fotosintetik air
2.Memiliki kloroplas  autotrof
3.Habitat di tempat lembab, air tawar, air laut, menempel pada batu, batu karang, dan pohon.
4.Ada yang soliter, koloni, benang dan lembaran
5.Punya kandungan pigmen yang dominan sebagai dasar pengelompokan alga (Chlorophyta, Chrysophyta, Phaeophyta, Xantophyta, dll).

Reproduksi alga
1. Secara vegetatif terjadi melalui : Pembelahan biner, terjadi pada alga uniseluler dimana alga membelah menjadi dua sel; Zoospora/spora kembara, patogen di protoplasma yg dibungkus oleh dinding sel dilengkapi bulu cambuk; Fragmentasi terjadi pada alga yang berkolonic, berbentuk benang, dan lembaran dengan memutus bagian tubuh menjadi beberapa bagian.
2. Secara generatif terjadi melalui : Isogami/konjugasi, yaitu meleburnya sel kelamin jantan dan sel kelamin betina yang mempunyai bentuk dan ukuran yang sama; Oogami yaitu pertemuan antara sel kelamin jantan (spermatozoid) dengan sel kelamin betina (ovum) yang membentuk zigot; Anisogami yaitu pertemuan sel kelamin jantan ( ukuran lebih kecil) dengan sel kelamin betina (ukuran lebih besar )

Klasifikasi alga.
Berdasarkan zat warna (pigmen) alga dibagi menjadi :
1.Alga hijau ( Chlorophyta ), pigmen dominan klorofil, misalnya : Chlorophyta bersel satu : ~ Chlorella sp. Berbentuk seperti bola, sebagai sumber makanan dan bahan kosmetik; ~ Chlamydomonas sp. Berbentuk bulat telur dan memiliki dua flagel, Vakuola kontraktil/stigma, dan kloroplas yang dilengkapi pirenoid (pusat pembentukan amilum); Chlorophyta berbentuk benang :~ Spirogyra sp. ( ganggang sekrup) memiliki kloroplas berbentuk spiral; ~ Ulva sp. Terdapat di air payau, berbetuk lembaran seperti daun selada dan memiliki zoospora dengan empat flagel; ~ Chara sp. Berbentuk tumbuhan tingkat tinggi; ~ Oedogonium sp. Memiliki zoospora berflagel banyak; ~ Ulothrix sp. Memiliki kloroplas seperti lingkaran dan zoospora, dengan empat flagel.
2.Alga Keemasan (Chrysophyta), pigmen yang dominan karoten dan xanthophyl, misalnya: ~ Chrysophyta bersel tunggal; ~ Ochromonas sp. Berbentuk seperti bola, memiliki dua flagel yang tidak sama panjang, dan kloroplas berbentuk lembaran; ~ Navicula sp. (diatomae / ganggang kersik) dinding selnya mengandung zat kersik /silikat tubuhnya terdiri atas tutup (epiteka) dan wadah (hipoteka); ~ Chrysophyta berbentuk benang; ~ Vaucheria berupa benang bercabang dan tidak bersekat
3.Alga Merah ( Rhodophyta ), pigmen yang dominan fikoeritrin dan fikosianin yang membentuk fikobilin, habitatnya laut dalam, hasil fotosintesa berupa glikogen (tepung floridean), macamnya : ~ Gelidium sp dan Gracilaria sp bahan pembuat agar-agar; ~ Euchema spinosum bahan pembuat agar-agar; ~ Chondrus dan Gigartina menghasilkan agar-agar dan karagin (bahan untuk membuat alat kosmetik ,cat, es krim, dan kue).
4.Alga coklat( Phaeophyta), pigmen yang dominan fikosantin, habitat di laut yang dingin, bentuk menyerupai tumbuhan tingkat tinggi (dapat mencapai 1 meter), ada yang mampu mengapung karena mempunyai gelembung udara, sel kelamin dihasilkan oleh konseptakel yang terkumpul dalam reseptakel pada ujung lembaran yang fertil, manfaat alga coklat : ~ Menghasilkan asam alginat sebagai bahan industri makanan, obat, cat, dan campuran es krim; ~ Menghasilkan iodium sebagai pencegah gondok; ~ Menghasilkan kalium, nitrogen, dan fosfor untuk pupuk dan bahan makanan ternak

Peranan alga.
1.Sebagai sumber makanan dan penghasil agar-agar, contoh : Chlorella ,Euchema,Gelidium dan Gracilaria
2.Menghasilkan asam alginat untuk behan pembuat cat dan es krim, contoh : Sargasum, Turbinaria dan Laminaria
3.Menghasilkan zat kersik untuk bahan penggosok,isolasi dinamit dan saringan, contoh : Navicula sp.
4.Untuk bahan pembuatan agar dan karagin, contoh : Chondrus dan Gigartina
5.Sebagai fitoplangton untuk makanan ikan dalam rantai makanan

3. Protista mirip hewan ( Protozoa)
Ciri dan sifat.
1.Berasal dari kata proto artinya pertama dan zoon artinya hewan, jadi protozoa berarti hewan yang pertama.
2.Uniseluler dan tidak memiliki dinding sel
3.Ada yang bergerak ada yang tidak bergerak
4.Sebagai konsumen

Klasifikasi Protozoa.
Berdasarkan alat geraknya, protozoa dibedakan menjadi :
1.Rhyzopoda/Sarcodina; Alat geraknya berupa kaki semu/pseudopodia; Macamnya : Entamuba ginggivalis hidup pada rongga mulut menyebabkan sakit gusi; E.coli hidup di usus besar manusia danmambentu m,embusukkan makanan dan menghasilkan vitamin K; Entamuba histolytica ,parasit pada usus halus manusia menyebabkan disenti; Radiolaria membentuk tanah radiolaria sebagai bahan penggosok; Foraminifera membentuk tanah globegerina dan sebagai petunjuk sumber minyak bumi; Arcella berbentuk seperti kubah dan kulitnya dari zat kersik; Diflugia dapat mengeluarkan lendir yang dapat melekatkan pada pasir; Helizoa bentuknya menyerupai buih atau matahari yang bersinar.
2.Flagellata/Mastigophora; Alat geraknya berupa bulu getar/ silia; Macamnya : Flagellata yang mempunyai plastida ,contohnya Euglena,Volvox,Pandorina dan Pleudorina; Flagellata yang tidak mempunyai plastida umumnya parasit, contohnya : ~Trypanosoma gambiense menyebabkan penyakit tidur pada manusia; ~Trypanosoma evansi menyebabkan penyakit sura pada ternak; ~Trypanosoma brucei menyebabkan penyakit nagano pada ternak; ~Trypanosoma vaginalis menyebabkan penyakit keputihan pada manusia; ~Trichomonas donovani meyebabkan penyakit kalaazar pada manusia
3.Ciliata/Chiliophora; Alat geraknya berupa bulu getar/silia, Silia juga berfungsi mengsambil makanan dan menerima rangsang; Macamnya : Paramaecium caudatuim bentuknya seperti sandal, terdapat silia di seluruh permukaan tubuhnya dan memiliki 2 vacuola dan 2 nukleus; Stentor sp. Bentuk sepeti terompet; Balantidium coli terdapat padsa ususu besar manusia menyebabkan diare; Didinium sp. Sebagai predator terhadap Paramaecium; Vorticella sp. Bentuknya seperti lonceng terdapat silia di sekitar mulutnya
4.Sporozoa; Sporozoa tidak memiliki alat gerak dan hidup sebagai parasit; Macamnya : Plasmodium sp. Sebagai parasit pada sel darah merah manusia dan menyebabkan penyakit malaria; Monocystis sebagai parasit pada vesikula seminalis cacing tanah; Emeria stidae, sebgai parasit pada sel epitel vertebrata dan invertebrata

Peranan Protozoa.
Peranan yang menguntungkan ; Membantuk endapan tanah radiolarian; Membantu pembusukan sisa makanan dan pembentukan vitamin K; Membentuk tanah globigerina. Protozoa yang merugikan : Pada manusia menyebabkan penyakit disentri, ginggivalis, diare, tidur, kalaazar, keputihan dan malaria; Pada hewan menimbulkan penyakit sura pada ternak, chagas pada tikus dan insekta

UJI KOMPETENSI
Awali mengerjakan dengan Basmallah dan akhiri dengan Hamdallah. Berilah tanda (X) pada huruf di depan jawaban yang anda anggap paling benar !
1. Gebus dari filum Mastigophora yang menyebabkan penyakit tidur pada manusia adalah ….
a. Euglena c. Foraminifera e. Anastasia
b. Tryopanosoma d. Myxotricha

2. Amoeba bergerak dengan menggunakan….
a. silia b. rhizoid c. kaki ambulakral d. pseudopoda e. flagela

3. Di bawah ini sifat-sifat mikroorganisme: 1. bersel satu; 2. ion prokariotik; 3. bentuk tetap; 4. berbulu cambuk; 5. bersilia; Sifat-sifat yang merupakan ciri Flagellata adalah ….
a. 1 , 2 dan 3 c. 1 , 2 dan 4 e. 1 , 3 dan 5
b. 1 , 3 dan 4 d. 1 , 2 dan 5

4. Hal yang membedakan antara alga dan bakteri adalah bahwa semua anggota alga
a. hidup di air c. berwarna hijau e. hidup di tempat lembab
b. bersifat mikroskopis d. memounyai kloroplas

5. Alga dapat dikelompokkan berdasarkan ….
a. bentuk tubuh c. alat gerak e. ada tidaknya klorofil
b. pigmen d. ada tidaknya flagela

6. Pada alga Phaeophyta , pigmen dominan adalah ….
a. xanthophyl c. klorofil e. fikoeritrin
b. fikosianin d. fikosantin

7. Penyakit malaria disebabkan oleh ….
a. Spirochaeta c. bakteri e. Echinodermata
b. protozoa d. virus

8. Amoeba mencerna makanannya dengan ….
a. vakuola non kontraktil d. membentuk kista
b. menggunakan mulut dengan gerakan silia e. osmosis
c. mengelilibgi makana dengan pseudopoda

9. Sistem reproduksi vegetatif pada alga seklaindengan pembelahan biner dan fragmentasi dapat juga terjadi dengan ….
a. oogami b. spora kembar c. dormansi d. endospora e. isogami

10. Protista secara harfiah artinya ….
a. muncul setelah hewan d. hewan pertama
b. tumbuhan pertama e. muncul setelah tumbuhan
c. yang paling pertama

11. Amoeba pada umumnya hidup di air tawar dan mangembil makanan dengan cara …
a. osmosis b. pinositosis c. fagositosis d. difusi e. eksositosis

12. Phytopthora infestans adalah protista mirip jamur yang hidupnya parasit dan menyerang pada ….
a. vesicula seminalis serangga d. Tanaman tembakau
b. tanaman kentang e. daun tanaman anggur
c. tanaman tembakau

13. Alga yang dapat menghasilkan bahan untuk agar-agar dan karagin adalah ….
a. Euchema c.Gelidium dan Gracilaria e. Chondrus dan Gigartina
b. Sargasum d. Turbinaria dan Gelidium

14. Gerakan fototropisme yang terjadi pada Euglena viridis disebabkan oleh ….
a. oksigen b. makanan c. zat kemas d. matahari e. zat asam

15. Filum dari protista yang banyak digunakan sebagai bahan makanan di daerah pantai seperti agar-agar adalah ….
a.Ciliophota c.Sarcodina e. Rhodophyta
b. Pyrrophyta d. Mastigophora

16. Seorang siswa mengamati sel bergerak di permukaan sel tersebut dijumpai rambut getar yang jumlahnya banyak. Ia berkesimpulan sel ini tergolong ….
a. Trypanosoma c. Rhizopoda e. Cilliata
b. Flagellata d. Sporozoa

17. Diantara golongan Flagellata yang protoplasmanya memiliki zat warna hijau seperti pada tumbuhan adalah ….
a. Noctiluca c. Euglena e. Radiolaria
b. Leishnmania d Trypanosoma

18. Seorang siswa mengamati hewan di bawah mikroskop. Ciri-ciri hewan tersebut adalah memiliki satu bulu cambuk , bergerak cepat dan teriri atas satu sel.Siswa tersebut berkesimpulan bahwa binatang tersebut tergolong ….
a. Sporozoa b. Rhizopoda c. Ciliata d. Flagellata e. Foraminifera

19. Protozoa yang dapat bergerak secara amuboid, yaitu gerak ….
a. menyerupai akar
b. berpindah tempat dengan membuat kaki
c. membuat tonjolan protoplasma dengan sisertai adanya aliran plasma kesatu arah
d. membuat aliran sitoplasma
e. membuat lekukan protoplasma

20. Di antara protozoa berikut yang dapat melalkukan konyugasi adalah ….
a. Paramaecium d. Volvox
b.Plasmodium vivax e. Trypanosoma
c. Plasmodium ovale

II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas !
1. Mengapa protosta disebut organisme eukariotik ?
2. Sebutkan penyakit hewan yang disebabkan oleh protozoa !
3. Mengapa alga Spirogyra disebut sebagai ganggan sekrup ?
4. Sebutkan manfaat ganggang di bidang industri !?
5. Jelaskan perbedaan antara jamur lendir dengan jamur air !

Tentang soeka

Pengemar Biologi yang mau berbagi dengan sesama biolog untuk menambah pengetahuan
Tulisan ini dipublikasikan di Pembelajaran. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s