Remidial Biologi

BIOLOGI REMIDIAL KELAS X
I.Berilah tanda silang (x) pada salah satu huruf a, b, c, d, atau e di depan jawaban yang paling tepat!

1.Munculnya cabang-cabang biologi di antaranya disebabkan oleh ….
a.manusia semakin pandai
b.ilmu biologi semakin digemari
c.jumlah tumbuhan semakin meningkat
d.objek biologi semakin luas
e.jumlah hewan bertambah banyak

2.Jika seorang ingin menjadi ahli penyakit dalam, maka dasar yang harus dimiliki adalah ilmu….
a.Virologi
b.anatomi
c.Morfologi
d.mikrobiologi
e.fisiologi

3.Cabang biologi yang mempelajari pengelompokan makhluk hidup disebut….
a.Taksonomi
b.mikologi
c.Anatomi
d.genetika
e.Ornitologi

4.Kumpulan dari beberapa jaringan yang bekerja sama dalam melakukan fungsi tertentu disebut….
a.sistem organ
b.organ
c.populasi
d.individu
e.komunitas

5.Cabang ilmu biologi yang berhubungan dengan proses terbentuknya bibit unggul melalui penyilangan induknya adalah….
a.Mikrobiologi
b.anatomi
c.Bakteriologi
d.morfologi
e.Genetika

6.Pemanfaatan jamur untuk meningkatkan produksi tempe berkaitan dengan….
a.Genetika
b.morfologi
c.Mikologi
d.virologi
e.bakteriologi

7.Sistem yang terbentuk dari seluruh komunitas bersama dengan lingkungan fisik disebut….
a.Ekologi
b.biosfer
c.Komunitas
d.ekosistem
e.bioma

8.Manfaat ilmu biologi dibidang farmasi adalah….
a.memanfaatkan penggunaan obat generik
b.pembuatan agar-agar
c.usaha untuk menemukan vaksin AIDS
d.penyembuhan penyakit dengan operasi
e.sistem kloning pada domba

9.Kelompok tanaman padi yang hidup di sebidang sawah, berdasarkan konsep ekologi merupakan suatu….
a.Spesies
b.ekosistem
c.Individu
d.populasi
e.Komunitas

10.Berikut ini bukan merupakan lingkungan fisik (abiotik) adalah….
a.tanah
b.suhu
c.makhluk hidup
d.air
e.udara

11.Pada organisme multiseluler, sel-sel yang struktur dan fungsinya sama berkombinasi membentuk….
a.Organ
b.sistem organ
c.Individu
d.materi hidup
e.Jaringan

12.Cabang ilmu biologi dikelompokan berdasarkan organisme yang dapat dipelajari yang termasuk kelompok mikrobiologi adalah….
a.Embriologi
b.Entomologi
c.Bakteriologi
d.Genetika
e.Mikrologi

13.Pengertian biologi yang paling tepat dijabarkan sebagai berikut….
a.Biologi adalah ilmu yang mempelajari adanya jarring-jaring makan
b.Biologi adalah ilmu yang mempelajari semua makhluk hidup masa silam dan masa kini
c.Biologi adalah ilmu yang mempelajari semua makhluk hidup masa kini
d.Biologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara produsen dan konsumen
e.Biologi adalah ilmu yang mempelajari arti keseimbangan alam

14.Salah satu manfaat biologi dibidang pertanian adalah pemnberantasan hama dengan menggunakan Bacillus thuringiensis. Bacillus thuringiensis menghasilkan racun bagi serangga lepideptora, tetapi tidak mematikan organisme lain karena….
a.Menghambat pertumbuhan virus
b.Menghambat pertumbuhan tanaman pengganggu
c.Menghambat pertumbuhan lalat buah
d.Menghambat pertumbuhan jentik nyamuk
e.Menghambat pertumbuhan ulat

15.Berikut ini pernyataan tentang contoh manfaat biologi diberbagai bidang….
1.Untuk mencegah pembentukan dinding bakteri dengan antibiotika yang dihasilkan penicillium notatum.
2.Untuk memberantas kutu loncat dengan menggunakan semut rangrang.
3.Unuk memperoleh padi yang bebas hama ulat dengan menggunakan bacillus thuringiensis.
4.Untuk membuat hormone insuline bantuan Rhizopus oryzae.
Pernyataan diatas yang benar adalah….
a.1,2 dan 3
b.2,3 dan 5
c.1,3 dan 4
d.3,4 dan 5
e.2,3 dan 4

16.Perbedaan antara ilmu pengetahuan dan pengetahuan biologi terletak pada ….
a.ilmu mempunyai objek dan metode, pengetahuan tidak
b.pengetahuan diperoleh melalui penelitian terencana sedangkan ilmu tidak
c.pengetahuan bersumber pada ilmu, sedangkan ilmu bersumber pada masalah
d.pengetahuan diperoleh tanpa sengaja dari obyek sedangkan ilmu diperoleh dari obyek tertentu dengan metode khusus
e.pengetahuan mempunyai objek tanpa metode sedangkan ilmu mempunyai objek sekaligus menggunakan metode tertentu

17.Pengertian biologi yang paling tepat dijabarkan sebagai ilmu ….
a.yang mempelajari arti dari keseimbangan alam
b.yang mempelajari makhluk hidup yang ada dan yang pernah ada
c.yang mempelajari hubungan antara produsen dan konsumen
d.yang mempelajari semua makhluk hidup yang sekarang ada
e.yang mempelajari keberadaan jaring-jaring kehidupan di bumi

18.Objek material yang dikaji dalam biologi adalah ….
a.makhluk hidup saja
b.makhluk hidup dan jasad renik
c.makroorganisme dan mikroorganisme
d.makhluk hidup dan yang pernah hidup
e.makhluk hidup dan makhluk tidak hidup

19.Hal pokok yang membedakan biologi dengan ilmu-ilmu lainnya adalah ….
a.objek dasarnya
b.metode yang digunakan
c.objek formalnya
d.pengetahuan yang mendasari
e.objek materialnya

20.Ruang lingkup biologi yang dalam pengkajiannya memerlukan alat bantu berupa mikroskop, misalnya ….
a.atom dan molekul
b.sel saja
c.organel, sel, dan jaringan
d.organ
e.bioma dan biosfer

21.Seorang dokter mencatat pada seorang pasien terdapat gejala: suhu tubuh cenderung tinggi selama 3 hari terakhir, ada keluhan mual dan sakit di ulu hati, keluar darah dari hidung (mimisan), keluar bintik-bintik merah pada permukaan kulit. Hasil pemeriksaan laboratorium trombosit sangat rendah. Berdasarkan gejala tersebut ditegaskan diagnosis pasien terserang penyakit DBD (deman berdarah dengue), yang penyebarannya melalui perantara nyamuk. Perilaku nyamuk penyebab DBD merupakan persoalan biologi pada tingkat ….
a.individu
b.ekosistem
c.populasi
d.biosfer
e.komunitas

22.Berikut ini yang bukan manfaat mempelajari biologi secara moral adalah ….
a.dapat memanfaatkan sumber daya alam secara bijaksana
b.tidak mudah percaya dengan hal-hal yang berbau mistik
c.mampu bersikap ilmiah dalam menghadapi masalah
d.berani memanfaatkan hutan dengan sekehendak hati
e.peduli terhadap keberadaan makhluk hidup di sekitarnya

23.Berbagai upaya untuk peningkatan produksi pangan diantaranya dilakukan dengan penyilangan berbagai varietas padi untuk mendapatkan bibit padi unggul. Penyilangan-penyilangan ini merupakan penerapan cabang ….
a.anatomi
b.genetika
c.morfologi
d.ekologi
e.fisiologi

24.Salah satu manfaat biologi yang paling mendasar bagi manusia adalah ….
a.jumlah penemuan biologi yang semakin banyak
b.mampu mengurangi dan meredakan permasalahan lingkungan
c.lahirnya ahli-ahli biologi yang berkecimpung di berbagai kehidupan
d.makin bertambahnya manusia yang mencintai ilmu biologi
e.lahirnya sikap manusia yang peduli pada kehidupan diri dan makhluk lainnya

25.Mekanisme gerakan otot yang dipelajari dalam fisiologi gerak merupakan cabang ilmu biologi yang juga melibatkan ilmu lain, antara lain ….
a.matematika, dan fisika
b.ekologi kimia dan statistic
c.kimia dan matematika
d.fisika dan geofisika
e.kimia dan fisika

B.Tulislah B jika pernyataan di bawah ini Benar dan S jika salah serta berikan alasannya secara singkat!
1.Evolusi merupakan cabang biologi yang mengkaji tentang perubahan sifat individu dari generasi ke generasi.
2.Perkembangan biologi tidak memberikan dampak positif bagi pengembangan ilmu-ilmu selain biologi.
3.Tumbangnya teori abiogenesis dan berlakunya teori biogenesis menunjukkan bahwa biologi bersifat verifikatif.
4.Dengan memahami biologi manusia akan menjadi lebih arif dalam bertindak terhadap kehidupan dan lingkungan hidupnya.
5.Bioetika membatasi para ahli untuk dapat menemukan ilmu baru cabang biologi sehingga lambat berkembang.

C. Jodohkan pernyataan A dan pernyataan B!
No. Pernyataan A
1 Kebenaran ilmiah
2 Mengandung pengertian yang mengkerucut, saling menunjang
3 Gurun, tundra, hutan gugur, hutan tropis
4 Mengkaji tentang kandungan dan kebidanan
5 Rambu-rambu bagi peneliti di bidang biologikhususnya

Pernyataan B
a Universal
b Obstetri dan Ginekologi
c Bioetika
d Biosfer
e Bioma
f Verifikatif
g Sistematis

D. Jawablah pertanyaan berikut ini!
1.Apakah yang dimaksud dengan ilmu pengetahuan?
2.Sebutkan hal apa sajakah yang menjadi objek kajian dalam biologi!
3.Cabang-cabang biologi apa sajakah yang diperlukan untuk dapat mengklasifikasikan hewan dan tumbuhan? Sebutkan dan jelaskan peranannya masing-masing!
4.Apakah cerita kuda terbang, negeri dongeng, makhluk luar angkasa (aliens) termasuk objek kajian biologi? Mengapa?
5.Apakah ada bahaya dari mempelajari biologi? Jika ada bagaimanakah upaya untuk menanggulanginya?
6.Mengapa biologi disebut sains/ilmu pengetahuan?
7.Jelaskan peran biologi dalam meningkatkan kesejahteraan manusia!
8.Sebutkan sembilan cirri-ciri organisme hidup!
9.Berikan contoh kajian biologi yang berkaitan dengan ilmu kimia!
10.Buatkan skema jantera / struktur kehidupan!

Tentang soeka

Pengemar Biologi yang mau berbagi dengan sesama biolog untuk menambah pengetahuan
Pos ini dipublikasikan di Soal-soal dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s